Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Empat Kali Tujuh
 
Empat Kali Tujuh
 
“Empat kali tujuh adalah dua puluh delapan,” kata seorang pria.
“Empat kali tujuh adalah dua puluh tujuh,” kata seorang yang lain.

Dua orang itu bertengkar sampai menjadi jengkel lalu berkelahi, dan dibawa menemui hakim setempat yang memerintahkan agar orang yang pertama dipenjara. Orang itu berteriak memprotes.

“Kamu sangat bodoh,” kata hakim itu dengan tenangnya, “sampai bertengkar dengan seseorang yang dengan tololnya mengatakan bahwa empat kali tujuh adalah dua puluh tujuh. Bukankah kamu yang seharusnya dihukum?”

Orang itu pada akhirnya mengangguk setuju dan mengakui bahwa hakim benar.
 
Prev
 
Komentar: Diam adalah emas ketika tidak ada gunanya berargumentasi. Jika orang pertama itu rasional, dia mungkin tidak jatuh ke dalam kesulitan karena menanggapi orang bodoh dengan serius. Tetapi dalam hal ini, hukuman orang yang kedua lebih buruk dibandingkan yang pertama karena dia tidak pernah mengetahui bahwa dia salah.
 
PERIBAHASA CHINA
Hidup miskin bukanlah hal yang memalukan; yang memalukan adalah hidup miskin dan tidak mempunyai semangat yang tinggi. Memegang posisi yang rendah tidaklah mengerikan; yang mengerikan adalah memiliki posisi rendah dan tidak meningkatkan kemampuan diri. Menjadi tua tidaklah menyedihkan; yang menyedihkan adalah menjadi tua dan telah menyia-nyiakan hidupmu. Mati bukanlah hal menyedihkan; yang menyedihkan adalah mati tanpa dikenal oleh orang lain.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000