Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Gejala
 
Gejala
 
Dr. Bian Que adalah seorang dokter terkenal yang hidup lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Suatu hari dia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Bangsawan Huan dari negara Cai.



Saya khawatir Yang Mulia sedang menderita suatu penyakit,” katanya kepada sang bangsawan setelah memeriksanya beberapa saat. “Saat ini, daerah yang terinfeksi adalah antara kulit dan otot.

Apa maksud anda, dokter? Saya merasa sehat,” kata sang bangsawan

.“Jika anda tidak mengobatinya, itu dapat menjadi lebih parah,” Dr. Bian Que memperingatkan sang bangsawan sebelum dia pulang

.“Seorang dokter selalu mencoba untuk menemukan sesuatu yang salah dari seseorang yang sehat hanya untuk menyombongkan diri,” kata sang bangsawan, mengabaikan peringatan tersebut.

Sepuluh hari kemudian, Dr. Bian Que bertemu dengan bangsawan itu lagi.

Penyakitmu sekarang sudah mencapai otot, dan akan menjadi lebih parah jika tidak diobati sekarang,” dia memperingatkan bangsawan itu lagi.

Sang bangsawan dengan kesal mengabaikan peringatan itu lagi.

Sepuluh hari telah berlalu sebelum Dr.Bian Que bertemu dengan sang bangsawan.

Penyakitnya sekarang sudah masuk ke usus Yang Mulia. Anda memerlukan perawatan segera.

Sang bangsawan meninggalkan dokter itu dan pergi dengan wajah kesal.

Sepuluh hari kemudian, segera setelah Dr. Bian Que melihat sang bangsawan, dia dengan cepat berjalan menghindar. Melihat dia berlaku aneh, sang bangsawan mengirim asistennya ke kliniknya untuk berkonsultasi.

Ketika penyakit itu masih di antara kulit dan otot, itu hanyalah gejala awal dan dapat dengan mudah diobati dengan salep,” jawab Bian Que. “Ketika penyakit itu sudah masuk ke dalam otot, harus dilakukan akupuntur. Ketika sudah masuk ke dalam usus, gabungan antara obat-obatan herbal masih berguna. Tetapi saat ini, penyakit itu telah masuk ke dalam jaringan tulang, sudah tidak ada obatnya. Penyakit sang bangsawan sudah masuk dalam tahap akhir. Saya khawatir saya tidak dapat merekomendasikan pengobatan apa pun bagi Yang Mulia. Sudah terlambat.

Lima hari kemudian, pangeran Huan dari negara Cai merasakan sakit di seluruh tubuhnya. Dia segera memanggil Dr. Bian Que, tetapi dokter itu sudah meninggalkan negara itu.

Tidak berapa lama kemudian, sang bangsawan meninggal.
 
Next
 
Komentar: Sebuah jahitan yang dilakukan tepat pada waktunya akan menyelamatkan nyawa. Sudah menjadi hukum alam bahwa perubahan kuantitatif akan mengacu kepada perubahan kualitatif. Hukum alam ini ada bukan hanya dalam dunia natural tapi juga dalam hidup bermasyarakat.
 
HUAINANZI (ABAD KEDUA S.M.)
Untuk mengembangkan luas tanpa menambah ketebalannya akan menyebabkan kehancuran. Untuk menambah tinggi tanpa memperluas fondasi akan menyebabkan keruntuhan
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000