Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Jenderal Wu Qi
 
Jenderal Wu Qi
 
Ketika Jenderal Wu Qi dari Negara Wei memimpin sebuah pasukan untuk menyerang Negara Zhongshan, dia mengenakan pakaian yang sama, makan makanan yang sama seperti semua pasukannya. Dia tidur dengan prajurit dan berjalan kaki, bukannya naik kuda atau kereta.

Suatu hari dia mengetahui bahwa seorang prajuritnya mempunyai bengkak akibat lukanya; dia pergi menemuinya. Di depan semua orang yang ada, dia berlutut dan mengisap gelembung itu dengan mulutnya.

Ketika ibu prajurit itu mendengar berita ini, air matanya jatuh bercucuran.

“Kenapa kamu menangis?” tanya seseorang kepadanya. “Anakmu hanyalah prajurit infanteri, tetapi jenderal merawatnya dengan baik.”

“Kamu tidak tahu,” kata ibu itu. “Beberapa tahun yang lalu, Jenderal Wu melakukan hal yang sama untuk ayah anak ini. Dia sangat berterima kasih sehingga dia bertempur dengan sangat gagah berani sampai akhirnya dia dibunuh oleh musuh. Sekarang anak itu pasti akan mati demi jenderal itu juga. Itulah alasannya saya menangis.”
 
Prev | Next
 
Komentar: Perbuatan memberi pengaruh yang lebih besar dibandingkan kata-kata.
 
PERIBAHASA CHINA
Hidup miskin bukanlah hal yang memalukan; yang memalukan adalah hidup miskin dan tidak mempunyai semangat yang tinggi. Memegang posisi yang rendah tidaklah mengerikan; yang mengerikan adalah memiliki posisi rendah dan tidak meningkatkan kemampuan diri. Menjadi tua tidaklah menyedihkan; yang menyedihkan adalah menjadi tua dan telah menyia-nyiakan hidupmu. Mati bukanlah hal menyedihkan; yang menyedihkan adalah mati tanpa dikenal oleh orang lain.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000