Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Kepercayaan
 
Kepercayaan
 
Fan Zihua, seorang kaya dan berkuasa di Negara Jin, adalah teman baik raja. Meskipun dia tidak mempunyai posisi di kerajaan, dia lebih berpengaruh dibanding kebanyakan pejabat tinggi pemerintahan. Dia mempekerjakan lebih banyak orang dengan berbagai kemampuan profesional di tempat tinggalnya daripada di kerajaan. Pada saat itu, orang berpengaruh menerima banyak tamu menginap di rumahnya, sekumpulan cendekiawan, konsultan dan prajurit, kebanyakan dari mereka adalah pencari keuntungan.

Suatu hari dua dari tamu yang menginap di tempat Fan Zihua melakukan perjalanan ke luar kota. Mereka menginap di sebuah penginapan kecil yang dikelola oleh seorang petani tua bernama Shangqiu Kai. Saat makan malam, kedua orang itu mulai berbincang-bincang mengenai pemberi dana mereka, Fan Zihua.

Saya pikir,” kata yang satu, “sekarang ini tidak ada yang lebih berpengaruh daripada beliau. Dia dapat mengubah seorang kaya menjadi miskin dan seorang miskin menjadi kaya dalam waktu semalam.

Dan dia dapat menghancurkan seseorang atau menyelamatkan seseorang dari kehancuran jika itu menyenangkannya,” kata yang lain.

Pemilik penginapan Shangqiu Kai mendengar percakapan mereka dan memutuskan untuk menutup bisnisnya dan mendaftar ke Fan Zihua sebagai salah seorang tamunya. Bagaimanapun juga, apa untungnya menjalankan bisnis penginapan itu jika tidak menghasilkan untung baginya? Dia adalah orang yang sangat miskin dan ingin ada perubahan.

Sebelum dia mendapat izin bertemu dengan Fan Zihua, sejumlah tamu Fan datang menemuinya. Karena mereka semua datang dari keluarga terpandang, seorang tua yang mengenakan baju kusam dan kusut dengan wajah tertempa matahari membuat semua orang meremehkannya. Mereka mulai menggodanya, menabrak, mendorong, memukul dan mengata-ngatainya, namun Shangqiu Kai tetap tenang.

Kemudian mereka membawanya ke beranda yang tinggi.

Seratus ons emas bagi siapa pun yang berani melompat!” seseorang berteriak kepadanya.

Tanpa ragu-ragu, Shangqiu Kai melompat dan mendarat di tanah seperti burung.

Kerumunan itu tidak terpesona, berpikir bahwa itu hanyalah nasib baik.

Ada mutiara berharga di sungai. Menyelamlah dan ambillah!” kata seseorang kepada Shangqiu Kai, sambil menunjuk ke bagian sungai yang dalam di sekitar situ.

Dengan segera Shangqiu Kai menyelam ke dalam air dan muncul dengan membawa mutiara yang berharga.

Setiap orang mulai berpihak pada petani tua ini. Fan Zihua mendengar hal ini dan menempatkan Shangqiu Kai sebagai kasir tamu penginapannya, memberinya makanan enak dan pakaian sutera seperti mereka yang datang dari keluarga terpandang.

Tidak berapa lama kemudian, api membakar gudang Fan.

Jika kamu masuk ke dalam dan menyelamatkan simpanan brokatku,” kata Fan Zihua kepada Shangqiu Kai, “Saya akan membayarmu dengan mahal.”

Shangqiu Kai masuk dan keluar dengan membawa brokat. Dia tidak terluka maupun terbakar.

Sekarang terjadi perubahan tingkah laku dari orang-orang yang dulu menggodanya. Mereka menyesal.

Tuan Shangqiu,pimpinan mereka datang untuk meminta maaf. “Kami semua adalah orang bodoh yang buta. Mohon maafkan kami. Kami telah menggoda dan mempermalukan anda. Sekarang kami sadar bahwa anda pasti keturunan dewa. Tidak seorang manusia pun dapat melaksanakan hal-hal ajaib yang telah anda lakukan. Mohon untuk membagi rahasianya dengan kami.

Tetapi tidak ada rahasia untuk dibagikan,” kata Shangqiu Kai. “Sejujurnya, saya pun tidak tahu bagaimana saya dapat melakukan hal-hal itu. Namun, ada sesuatu yang dapat saya beritahukan kepada kalian. Saya percaya dengan sepenuh hati saya bahwa apa yang kalian katakan adalah benar, maka saya terobsesi hanya dengan satu pikiran—saya harus melakukan semua dengan segenap kekuatan saya. Pada saat itu, hal-hal lain di dalam dunia ini tidak ada artinya. Saya lupa apa yang baik dan apa yang buruk buat saya. Karena itulah tidak ada yang menghalangi saya. Tetapi sekarang kalian mengatakan kepada saya bahwa kalian telah berbohong, bahwa kalian sebenarnya menggoda saya, saya tidak lagi dapat melakukan hal-hal yang luar biasa. Kalian telah mengintimidasi saya. Sekarang saya menjadi khawatir dan curiga. Ketika saya mengingat bagaimana saya dapat lolos dari terbakar dan tenggelam, saya tidak bisa tidak menjadi takut. Saya sesungguhnya beruntung. Akankah saya mampu berdiri di dekat air atau api? Tidak, karena saya telah kehilangan kepercayaan.”

Sejak saat itu, orang-orang Fan Zihua tidak pernah lagi berani untuk mempermalukan orang miskin. Mereka bahkan sampai turun dari kereta mereka untuk menyalami pengemis, jika bertemu pengemis di jalan, dengan memberi hormat.
 
Prev t
 
Komentar: Ketika Konfusius mendengar cerita ini, dia berkata kepada murid-muridnya, “Seorang pria dengan keyakinan yang sempurna dapat menggerakkan surga dan bumi. Dia juga dapat menggerakkan roh. Dia dapat melintasi alam semesta dan tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalanginya. Apakah kamu berpikir bahwa apa yang dia lakukan hanyalah menghindar dari bahaya seperti api dan air? Shangqiu Kai dapat memfokuskan pikirannya untuk mengatasi masalah, bahkan ketika pikirannya mempercayai kebohongan. Cobalah berpikir berapa banyak yang anda dan saya dapat capai ketika kita mempunyai keyakinan akan kebenaran. Ingatlah itu selalu, anak muda.”.
 
KONFUSIUS
Seorang pria sejati tidak akan merekomendasikan seseorang karena kata-katanya. Dia juga tidak akan mengabaikan nasihat karena orangnya.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000