Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Pepohonan
 
Pepohonan
 
Suatu hari Xi Simi, seorang menteri pemerintahan di Qi, dipanggil menghadap Bangsawan Tian Cheng. Tian adalah orang yang paling berkuasa di negara Qi pada saat itu. Dia membawa tamunya ke sebuah menara untuk melihat pemandangan. Pemandangannya sangat memukau, namun di sebelah selatan pemandangan itu terhalang oleh pohon-pohon yang tumbuh di kebun rumah Xi Simi. Tetapi Bangsawan itu tidak mengucapkan apa pun tentang hal itu.

Ketika dia sampai di rumah, Xi memerintahkan pelayan-pelayannya untuk menebang pohon-pohon. Ketika mereka hendak memotong, dia menghentikan mereka.

Kenapa anda berubah pikiran?” tanya sekretarisnya.

Ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa kesulitan akan menghadang mereka yang dapat melihat ikan di lembah yang dalam. Bangsawan itu dengan diam-diam sedang mengerjakan sesuatu yang besar. Jika dia tahu saya dapat membaca pikirannya, saya berada dalam bahaya. Tidak menebang pohon bukanlah perlawanan yang serius, tetapi mengetahui sesuatu yang orang tidak mau kamu tahu dapat berakibat serius.
 
Prev | Next
 
Komentar: Kadang kala mengetahui terlalu banyak adalah sama buruknya dengan mengetahui terlalu sedikit. Tetapi, lebih baik kalau kita mengetahui sesuatu daripada tidak sama sekali. Hanya jika kita terlebih dahulu mempunyai pengetahuan maka kita dapat memutuskan apakah perlu menunjukkan apa yang kita ketahui.
 
VEGETABLE ROOTS
Mereka yang belajar untuk menghargai kesehatan setelah sakit dan belajar untuk menghargai kedamaian setelah perang tidaklah bijaksana. Mereka yang dapat melihat ke depan dan mengantisipasinya itulah yang benar-benar bijaksana.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000