Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Privasi di Rumah
 
Privasi di Rumah
 
Mencius menikah dengan anak dari teman ayahnya.

Pada suatu hari ketika memasuki kamar istrinya, dia menemukan istrinya setengah telanjang. Dia menjadi gusar. Istrinya pergi menemui ibu mertuanya untuk meminta izin kembali ke rumah orangtuanya.

Saya mendengar bahwa antara suami dan istri seharusnya masih ada privasi,” protesnya. “Sekarang suami saya menjadi tidak bahagia karena saya belum berpakaian lengkap ketika dia masuk ke kamar saya. Saya merasa diperlakukan dengan tidak adil. Saya tidak ingin tinggal di sini.

Ibu Meng memanggil Mencius.

Kamu seharusnya bertanya apakah ada orang di dalam sebelum kamu masuk ke sebuah rumah,” kata ibunya kepada anaknya. “Kamu seharusnya mengetuk pintu atau bersuara untuk memberitahu sebelum kamu masuk sebuah ruangan. Kamu seharusnya melihat ke bawah ketika kamu membuka pintu kamar tidur agar kamu tidak melihat sesuatu yang orang lain mungkin tidak ingin kamu lihat. Ini artinya menghormati orang lain dan bersopan santun. Kamu tidak bersikap semestinya hari ini. Bagaimana kamu dapat menyalahkan istrimu? Apakah ini adil?”

Mencius minta maaf kepada istrinya dan memohonnya untuk tinggal.
 
Prev | Next
 
Komentar: Hormat adalah landasan dari semua hubungan. Hubungan perkawinan adalah yang paling penting. Kita dapat menunjukkan hormat kita terhadap pasangan kita dengan tidak melanggar privasinya. Ibu Meng sangat mengerti hal ini.
 
MENCIUS (372-289 S.M.)
Orang besar adalah orang yang tidak kehilangan hati anaknya.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000