Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Sentuhan Terakhir
 
Sentuhan Terakhir
 
Ketika tuan rumah sadar bahwa dia telah mengundang lebih banyak tamu untuk menghadiri perjamuan makan malam daripada persediaan anggur yang ada, dia menemukan sebuah ide.

“Saya memohon maaf karena persediaan anggur tidak cukup untuk menjamu anda semua tetapi sangat cukup untuk satu orang,” katanya. “Mari kita semua menggambar seekor ular di lantai. Siapa pun yang selesai lebih dahulu dapat meneguk anggur sepuasnya. Apakah kalian menyukai ide ini?”

Semua tamu setuju dan mulai menggambar. Seorang pria selesai lebih dahulu. Dia mengambil cawan satu-satunya yang berisi anggur.

Baiklah, saya mungkin dapat menambahkan beberapa kaki di gambar ular saya ini,” katanya.

Sebelum dia selesai menggambar kaki pada ularnya, seorang pria yang lain telah menyelesaikan gambarnya dan merebut anggur itu darinya.

Ular tidak mempunyai kaki. Kenapa kamu menambahkannya?

Dengan kata-kata tersebut, dia meminum habis anggur tersebut.
 
Prev | Next
 
Komentar: Kita dapat mempelajari dua hal dari cerita yang sederhana ini. Pertama-tama, melakukan sesuatu secara berlebihan adalah sama buruknya dengan tidak berbuat cukup; kedua, satu langkah keluar dari batasan, sekecil apa pun akan membuat yang benar menjadi salah.
 
HUAINANZI (ABAD KEDUA S.M.)
Dalam kerja sama tim, keselarasan terbentuk dalam hubungan mutualisme yang efektif. Sebuah hubungan mutualisme yang efektif itu berdasarkan pada kemampuan masing-masing individu dari setiap anggota tim.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000