Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Tiga Orang Artis
 
Tiga Orang Artis
 
Ada seorang raja yang mata kanannya buta dan kaki kirinya pincang. Pada suatu hari dia memanggil artis untuk melukis dirinya.

Sang artis melukis raja seperti seorang pejuang yang hebat. Matanya bercahaya dan bersinar dan kakinya berotot seperti atlet. Raja tidak senang dengan karyanya.

Kamu pembohong. Ini bukan saya.” Dia memerintahkan para tentaranya untuk menangkap artis ini dan melemparkannya ke dalam penjara.

Artis kedua dipanggil. Setelah mengetahui apa yang telah terjadi sebelumnya, artis ini melukis sang raja persis seperti apa adanya. Raja juga tidak senang.

Seni macam apa ini?” dia bertanya kepada artis ini dengan marahnya dan mengirimkan dia ke penjara juga.Artis yang ketiga datang dan melihat raja dengan seksama. Dalam lukisannya, raja digambarkan sedang mengenakan pakaian berburu. Dia sedang menembak dengan posisi berlutut, kaki kanannya ditekuk dan kaki kirinya menopang pangkal senapan yang sedang dipegangnya. Hanya mata kirinya yang terbuka, karena ia sedang membidik seekor serigala di kejauhan.

Raja sangat puas. Dia menghargai artis ini sekantong emas dan memujinya sebagai artis yang terbaik di negaranya.
 
Next
 
Komentar: Menyanjung adalah seni memberi tahu seseorang dengan tepat apa yang orang itu pikirkan tentang dirinya. Sebagai tanggapan terhadap kondisi sosial, sanjungan membantu orang untuk bertindak aman. Tetapi, hal ini harus digunakan secara bijak. Meskipun mengabaikan keburukan orang lain yang mencolok atau mengecilkan kesalahan dan kegagalannya merupakan bentuk sanjungan, melakukannya dengan cara halus amatlah penting untuk berhasil.
 
VEGETABLE ROOTS
Secara bertahap, tingkatkanlah apa yang kamu berikan kepada orang lain, dan mereka akan selalu berterima kasih. Tetapi jika kamu secara bertahap mengurangi apa yang kamu berikan kepada mereka, mereka akan cenderung melupakan kebaikanmu. Secara bertahap kendorkan disiplin dan peraturan yang kamu tetapkan kepada orang lain, dan mereka akan merasa lebih nyaman dan puas. Tetapi jika kamu secara bertahap mengetatkan disiplin dan peraturan kepada orang lain, mereka akan melawan.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000