Bali Overview Accommodation Dining Travel MICE Trading Art Galleries Fashion Textile Adventure Jewelry Advertise Others Contact
 
Play Group  
Kindergarten  
Elementry/Junior High School  
High School  
College  
University  
Courses & Degrees  
International School  
Folks Tale  
Story  
Others  
 
All About Bali  
Useful Info  
Company Info  
Site Map  
Advertise  
Contact  
Help  
Home  
Home > Education > Story > Wanita dari Negara Jin
 
Wanita dari Negara Jin
 
Zhang Yi tinggal di negara Chu sebagai utusan dari negara Qin. Raja Chu menyambutnya dengan dingin. Zhang tidak memenuhi misinya, tetapi karena dia tinggal cukup lama, dia mengalami kesulitan keuangan.

Dia pergi untuk menemui raja negara Chu, memberitahu beliau bahwa dia akan mengunjungi negara Jin di selatan. Raja mengangguk dengan ogah-ogahan.

Apa yang dapat saya lakukan untuk Yang Mulia di negara Jin?” tanay Zhang.

Rasanya tidak ada”, kata raja. “Saya mempunyai apa pun di Chu. Emas, perak, gading, permata, mutiara, kamu tinggal sebut. Apa yang dapat ditawarkan oleh Jin?

Ah, ini karena anda belum pernah melihat wanita Jin. Mereka adalah yang paling cantik di dunia. Orang yang tidak tahu akan mengira mereka adalah malaikat”.

Saya belum pernah melihat wanita dari Jin. Jika mereka memang secantik yang anda katakan, saya tahu bagaimana menghargainya”. Raja tertarik.

Dia memberi Zhang Yi banyak perhiasan sebagai hadiah, menyuruhnya untuk membawa kembali beberapa wanita cantik dari Jin.

Ketika kedua ratu sang raja mendengar hal ini, mereka menjadi khawatir. Mereka mengirim seseorang kepada Zhang dengan pesan sebagai berikut:

Kami mendengar bahwa anda akan pergi ke Jin. Ini ada 10.000 ons emas sebagai biaya perjalananmu”.

Salah satu dari ratu itu memberi Zhang tambahan 5.000 ons emas. Pesan dan hadiah itu diperhatikan oleh Zhang Yi.

Dia pergi untuk mengucapkan selamat tinggal kepada raja. “Mungkin saya membutuhkan waktu agak lama. Saya ingin bersulang dengan anda Yang Mulia”.

Raja memerintahkan agar anggur dihidangkan. Setelah beberapa gelas, Zhang memberi hormat dan mengajukan permintaan.
Tidak ada orang luar di sini. Dapatkah yang mulia meminta kedua ratu yang mulia menemani kita?

Baiklah”, raja setuju.
Ketika dua orang ratu sedang menuangkan anggur, Zhang berlutut di hadapan raja.

Maafkan saya Yang Mulia, saya telah berbohong. Saya harus dihukum”.

Kenapa?

Saya telah pergi ke banyak tempat tetapi saya belum pernah melihat wanita sscantik kedua ratu ini. Sekarang saya tahu bahwa ketika saya mengatakan saya akan membawakan Yang Mulia beberapa wanita cantik dari jin, saya sebenarnya tidak mengetahui apa yang saya katakan”.

Tidak masalah”, sang raja tertawa. “Saya selalu berpikir bahwa mereka berdua adalah wanita tercantik di dunia”.

Zhang Yi tidak pernah diminta untuk mengembalikan apa yang telah diterimanya dari raja.
 
Prev | Next
 
Komentar: Sanjungan, sebagai alat manajemen, sangat dibutuhkan dalam kehidupan bisnis dan politik: pujilah atasan sehingga mereka berlaku baik pada anda; pujilah bawahan sehingga mereka menjadi lebih kooperatif
 
VEGETABLE ROOTS
Secara bertahap, tingkatkanlah apa yang kamu berikan kepada orang lain, dan mereka akan selalu berterima kasih. Tetapi jika kamu secara bertahap mengurangi apa yang kamu berikan kepada mereka, mereka akan cenderung melupakan kebaikanmu. Secara bertahap kendorkan disiplin dan peraturan yang kamu tetapkan kepada orang lain, dan mereka akan merasa lebih nyaman dan puas. Tetapi jika kamu secara bertahap mengetatkan disiplin dan peraturan kepada orang lain, mereka akan melawan.
 
Taken From Michael C. Tang Book
Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik - Refleksi Bagi Para Pemimpin
 
Copyright © 2005-2017, Bali Directory Designed and Managed by bali3000